Tubuh Terbelah

Mereka membelah arena menjadi dua bagian dengan selembar selotip dan membuat garis pembatas pada setengah bagian pertama. Dalam gerakan seperti makhluk alien, salah satu penari seperti mendongkel sesuatu dari dalam tanah lalu memasukkannya ke mulut. Seperti memasukkan bibit alien ke dalam tubuh yang bergerak mengejang.

Penari lain bergerak seolah bangkit dari tanah, memperhatikan tubuh yang mengejang tersebut. Kemudian mereka kembali membuat batas dan bergerak dalam ruang yang lebih sempit. Kali ini tangan si penari berkostum terlihat seperti jari alien yang siap merenggut matanya. Jari – jari telunjuknya bergerak pada saat ada sosok tubuh yang lain merapat dari arah belakang. Jemarinya bergerak seperti laba-laba atau tangan siap mengoyak tubuh di depannya.

Tubuh telanjang itu siap mengendus, menerkam, dan mengoyak isi tubuh penari lain yang berkostum. Mereka terus bergerak dalam bidang yang lebih sempit, lebih sempit lagi, hingga hanya bisa berdiri dan akhirnya terjatuh dalam bidang seluas keramik kurang dari setengah meter. Adalah Melani Lane dan Lilian Steiner yang menarikan Split karya Lucy Guerin, koreografer Australia, di Black Box Salihara, Ahad, 5 Agustus 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *