Tidak Boleh Keramas Selama 40 Hari

Sebelum hari ke-40 seusai persalinan, mama tidak boleh keramas dulu.

Mama boleh, kok, keramas setelah usai ber salin, asalkan dalam kondisi sehat. Apalagi usai bersalin, rambut kerap lengket karena berkeringat, karenanya harus dibersihkan agar tetap sehat. Bisa jadi, mitos ini muncul karena khawatir Mama masuk angin akibat air yang dingin. Oleh sebab itu, Mama dianjurkan mandi tidak terlalu pagi ataupun larut malam. Pastikan juga Mama dalam keadaan sehat, tidak sedang mengalami komplikasi, seperti perdarahan dan anemia, atau hi pertensi.

Mama tidak boleh tidur siang.

Bayi baru lahir belum memiliki pola tidur, sehingga Mama jadi kerap begadang di waktu malam. Nah, untuk mencukupi kebutuhan akan istirahat atau tidur, Mama diperkenankan beristirahat/tidur siang. Yang pen ting, jangan tidur berkepanjang an! Makin lama berbaring makin besar peluang terjadi tromboemboli atau peng endapan elemen-elemen garam. Ketika bangun atau berdiri mendadak, endapan elemen itu dikhawatirkan lepas dari perlekatannya di dinding pembuluh darah. Akibatnya bisa fatal, endapan-endapan itu bisa masuk ke dalam pembuluh darah, lanjut ke jantung, otak dan organ-organ penting lain yang akan memunculkan stroke.

Tapel mengempiskan perut.

Penggunaan tapel di perut yang terdiri atas kapur sirih dan air jeruk nipis ini sebelum menggunakan setagen bermanfaat membuat nyaman selama masa pemulih an kondisi kulit perut. Air kapur sirih dan jeruk nipis juga memiliki sifat anti-selulit. Namun, kalau kulit Mama sensitif, pemakaian tapel sebaiknya tidak terlalu lama dan berlebihan. Jika Mama bersalin lewat sesar, sebaiknya jangan menggunakan tapel.

Setagen mengecilkan perut.

Mama boleh saja memakai setagen/bengkung asalkan caranya benar, terutama bagi Mama yang menjalani persalinan sesar. Gunakan setagen dari bagian bawah luka operasi sampai sedikit di atas pusar, jangan terlalu tinggi karena dapat membuat sesak. Hindari mengenakan setagen sepanjang hari, cukup dari pagi hingga sore saja, lalu malamnya dilepaskan untuk memberi kesempatan kulit bernapas. Agar efektif dan bermanfaat, guna kan setagen selama 3 bulan. Luka bekas operasi akan cepat menutup karena setagen membuat luka bekas operasi tidak banyak bergerak. Bagi Mama yang melakukan persalinan normal, penggunaan setagen mendorong pengeluaran gas dari dalam perut. Sedang kan untuk mengempiskan perut atau mengencangkan otot-otot perut, ada cara paling efektif, yakni dengan senam nifas.

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai tempat terbaik les bahasa Perancis di Jakarta yang terbaik untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *