Tidak Boleh Keramas Selama 40 Hari Bagian 2

Kaki tidak boleh dilipat atau ditekuk.

Bukan hanya saat duduk, kala tidur pun, Mama dilarang menekuk atau melipat kakinya. Yang terbaik adalah meluruskan kaki, agar aliran darah tetap lancar. Posisi kaki yang lurus juga menguntungkan karena dapat membantu jahitan akibat guntingan di area vagina tetap dalam posisi stabil sehingga tidak melebar. Kaki Mama juga sering terlihat bengkak usai persalinan karena peredaran darah pada tubuh belum selancar biasanya. Namun, bukan berarti Mama harus membatasi gerakan. Makin cepat mobilisasi dilakukan, makin menguntungkan, bila kondisi Mama memang dalam keadaan baik, seperti tidak mengalami perdarahan atau kelainan apa pun.

Rambut biasanya rontok.

Selama hamil, hormon merangsang pertumbuhan rambut. Sedangkan saat proses persalinan, rambut memasuki fase istirahat dan umum nya akan rontok atau berguguran selama 3-6 bulan setelah melahirkan. Siklus pertumbuhan rambut akan kembali normal pada bulan ke-6 – ke-12 setelah melahirkan. Rambut rontok dapat disiasati de ngan mencoba potongan atau gaya rambut yang berbeda agar rambut yang tipis tampak mengembang. Selain itu, konsumsilah protein dalam jumlah cukup serta minum suplemen vitamin biotin, B6, dan zink. Jangan khawatir, rambut yang rontok akan diganti oleh rambut baru.

Pilis menghilangkan pusing dan pandangan kabur.

Pusing yang muncul usai bersalin u mumnya dipenga ruhi kurang tidur. Bisa juga karena anemia. Jika penyebabnya kurang tidur, untuk mengatasinya cukup dengan istirahat dan tidur. Jika penyebabnya anemia, cukupi asupan bergizi seimbang: cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, terutama mineral zat besi. Campuran berbagai rempah, bunga, dan dedaunan seperti , kencur, kunyit, kenanga, dan perpemint biasa disebut pilis. Dipakai dengan cara dioleskan memanjang di dahi. Pilis dipercaya bisa menghilangkan pusing serta penglihatan kabur. Faktanya, aroma “pedas” pilis membuat mata terangsang untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi sebagai pembilas. Jika tetap digunakan, sama sekali tak berbahaya, tetapi juga bukan merupakan keharusan. Penglihatan kabur usai bersalin justru patut diwaspadai sebagai gejala tekanan darah tinggi. Itulah mengapa Mama perlu menjalani pemeriksaan pasca persalinan ke dokter dan kalau perlu mengonsumsi obat penurun tekanan darah. Agar efektif, biasanya mama diminta mengurangi konsumsi garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *