Pengujian Hardware Prosesor Intel

PCMARK 8 Benchmark ini digunakan untuk menguji performa sistem dengan simulasi penggunaan sehari-hari. Semua aspek sistem diuji oleh benchmark ini. Produk yang diuji menggunakan aplikasi ini adalah desktop PC, notebook, motherboard, dan storage dengan konfigurasi berbeda sesuai dengan produk yang diuji. Pengujian PCmark 8 untuk desktop PC, motherboard, dan notebook dilakukan menggunakan preset “Creative” untuk memberikan gambaran performa sistem dalam menjalankan aplikasi yang kompleks. namun pengujian dilakukan tanpa mengaktifkan OpenCl 1.1 maupun OpenCl 1.2. Sedangkan untuk storage, hanya melakukan pengujian menggunakan “Storage Suite”.

3dMARK (ICE STORM, CLOUd GATE, FIRE STRIKE) Software ini digunakan untuk menguji performa game 3d. Versi 3dmark v.1.1.0 adalah edisi terkini dari 3dmark yang umum digunakan. Produk yang diuji menggunakan aplikasi ini adalah desktop PC, graphics card, motherboard, smartphone Android, dan beberapa notebook gaming tertentu yang dilengkapi dengan gPu tinggi. Pengujian fire Strike digunakan untuk menguji graphics card dengan konfigurasi default (1920 x 1080). Sedangkan untuk menguji desktop PC, motherboard, dan notebook menggunakan pengujian Cloud gate juga dengan konfigurasi default (1280 x 720). Pada beberapa smartphone Android kelas atas, pengujian dilakukan menggunakan 3dmark ice Storm dengan konfigurasi default (1280 x 720).

POWERMARK Aplikasi ini hanya digunakan untuk menguji performa baterai dari sebuah notebook. Pengujian dilakukan dengan mengatur tingkat kecerahan layar pada batas maksimal dan menggunakan preset “entertainment”.

ATTO dISK BENCHMARK Aplikasi ini digunakan untuk menguji kecepatan akses, baca, dan tulis pada storage device seperti flash disk, SSd, hard disk, maupun flash memory.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *