Manfaat Okra Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Okra hijau kaya akan serat, vitamin,mineral dan lainnya yang baik untuk kesehatan serta untuk ibu hamil. Simak manfaat okra hijau di artikel ini

Melindungi paru – paru

Manfaat okra hijau dapat melindungi paru – paru karena kandungan antioksidan seperti lutein dan xanthin yang terdapat di dalam okra hijau.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung dapat terjadi karena berbagai penyebab, salah satu penyebabnya adalah kolesterol. Namun untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung, Anda bisa mengonsumsi okra hijau yang mengandung antioksidan seperti epicatehin, quercetin dan procyanidin.

Menjaga kesehatan mata

Vitamin A diketahui sangat baik untuk kesehatan mata. Jika Anda ingin menjaga kesehatan mata, rajin – rajinlah mengonsumsi okra hijau karena okra hijau kandungan vitamin A pada okra hijau sangat tinggi.

Mencegah penyakit diabetes

Dengan mengonsumsi okra hijau dapat membantu seseorang mengurangi kadar gula dalam darah. Serat yang ada pada okra hijau dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes.

Manfaat Okra Hijau Untuk Ibu Hamil

Ternyata okra hijau direkomendasikan untuk ibu hamil, karena manfaat okra hijau yang bisa mendukung tumbuh kembang janin. Manfaat okra hijau untuk kehamilan diantaranya :

1. Membantu pertumbuhan janin

Okra hijau mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh ibu hamil. Ada 13 vitamin C yang terkandung dalam secangkir jus okra.

Dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup maka kekebalan tubuh ibu hamil akan meningkat. Selain itu manfaat okra pada ibu hamil yaitu mengurangi masalah hipertensi, kardiovaskular dan juga membantu pertumbuhan janin di dalam rahim

2. Mengatasi sembelit akut selama kehamilan

Di dalam okra hijau terkandung serat larut dan selat tak larut. Untuk mengatasi sembelit akut selama kehamilan, ibu hamil disarankan mendapat 25 gram serat tak larut per hari.

3. Menghambat radikal bebas yang merusak jaringan sel dan DNA

Dikutip dari African Journal of Biotechnolgy dan Nutrion Journal tahun 2011 dan 2010, okra merupakan sumber antioksidan yang baik dibandingkan sayuran lain. Antioksidan sangat berperan penting selama masa kehamilan karena dapat menghambat radikal bebas perusak jaringan sel dan DNA.

4. Mengurangi resiko bayi cacat lahir

Ibu hamil disarankan mendapatkan 400 miligram asam folat. Di dalam secangkir jus okra terkandung 37 miligram asam folat. Berdasarkan riset yang dilakukan di Maryland Medical Center, dengan mengonsumsi asam folat secara teratur dapat terhindar dari risiko bayi cacat lahir.

Nah, itulah tadi berbagai macam manfaat okra hijau untuk kesehatan dan ibu hamil dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Kita semua yah selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *