Fun to Drive Hatchback

Fun to Drive Hatchback

Aspek fun to drive menjadi hal yang cukup penting ketika berbicara dalam segmen compact hatchback. Tak lain karena tak sedikit konsumen di kelas ini adalah anak muda atau mereka yang berjiwa muda. Dimulai dari Toyota Yaris TRD Sportivo yang notabene adalah model ’tertua’ dalam pertarungan ini.

Harus diakui bahwa ia memiliki busa jok yang paling empuk. Terlebih dengan bantingan suspensi yang juga empuk membuat mobil ini paling nyaman dikendarai. Konsekuensinya, handlingnya tidak setajam Mazda2 ataupun Polo. Sementara pengendalian Mazda2 GT, pengemudi bisa mendapatkan kompromi yang se imbang.

Bantingannya me mang tidak seempuk Toyota Yaris TRD Sportivo, tapi itu berdampak positif terhadap pe ngendaliannya yang sudah bisa dibilang tajam. Lebih jauh, kemudi Mazda2 GT juga sudah dilengkapi paddle-shift sehingga kian menyenangkan saat berkendara dengan mode manual. Namun Volkswagen Polo 1.2 TSI sungguh tak dapat diremehkan.

Ketajaman handling-nya tidak jauh berbeda jika dibanding Mazda2 GT. Ia terasa cekatan dengan dimensinya yang pa ling kecil namun tetap dapat mempertahankan bantingan suspensi khas Eropa yang lembut disertai stabilitas oke saat kecepatan tinggi. Sayang untuk perpindahan gigi secara manual, ia masih mengandalkan perpindahan model geser di tuas tanpa paddle-shift.

KENYAMANAN

Bicara soal kenyamanan, VW Polo 1.2 TSI memulainya lebih dulu dengan menyuguhkan jok berbahan fabric dua warna. Meski tidak terlihat mewah namun dengan ketebalan busa jok di depan cukup membantu pengendara mendapatkan posisi ber kendara yang nyamana.

Bantingan suspensi Polo juga terasa lembut tanpa mengurangi pengendaliannya yang ter golong cekatan. Hal yang berbeda saat kami menelisik jok baris kedua. Posisi legroom yang sempit dan jok yang terlalu tegak membuat penumpang tidak terlalu merasa nyaman khususnya saat melakukan perjalanan jauh.

Lain halnya dengan Mazda2 GT. Jok yang dibungkus material fabric terlihat lebih sporti kare na memiliki busa jok yang tebal. Empuk untuk menopang tubuh. Faktor jok ini cukup membantu mereduksi kerasnya bantingan suspensi Mazda2 GT yang kaku. Beruntung bagi Mazda2, jok baris kedua dapat dilipat rata dan bisa menjadi area kargo tambahan bagi barang barang bawaan Anda.

Jika masuk ke dalam kabin Toyota Yaris, ruang yang tersedia memang paling lega di antara kedua rivalnya. Posisi jok yang tidak terlalu tegak dan bantingan yang cukup lembut mampu membuat Anda nyaman dalam melakukan perjalan jauh. Yaris juga memiliki ruang bagasi yang paling luas. Walau tidak bisa terlipat utuh seperti jok di Mazda2, komposisi ruang bagasi Yaris cukup untuk memuat 3 koper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *