STATION WAGON MERCEDES-BENZ

EVOLUSI STATION WAGON MERCEDES-BENZ

Beragam alasan orang dalam membeli mobil. Ada yang beralasan untuk gaya, fungsi atau sesuai dana. Jika fungsi yang menjadi alasan, mobil jenis station wagon jawabannya.

EVOLUSI STATION WAGON MERCEDES-BENZ

Station wagon memang terlihat unik. Ia terlihat layaknya sedan, tapi memiliki kapasitas bagasi besar layaknya sebuah van. Memang benar, sebuah station wagon adalah mobil yang masuk ke kategori sedan.

Kata Sumber : JuanRamadhan.com

Hal prinsip yang membedakannya adalah sebuah station wagon memiliki 4 pilar bodi, A hingga D. Pilar D inilah yang membedakan station wagon dengan sedan biasa (notchback) dan hatchback. Station wagon begitu populer akan fleksibilitas daya angkut ruang bagasi. Dengan kata lain, station wagon ini tampak “mengkabin-kan” bagasi.

Tidak heran karena memang definisi umum station wagon adalah sedan yang atap bagian belakang dipanjangkan sampai ke atas bagasi. Pintu belakang station wagon biasanya terbuka ke atas atau tophinged liftgate, meski ada pula yang menggunakan jenis split door dimana kaca belakang terbuka ke atas sementara bagian pintu bagasi terbuka ke bawah.

Kemudahan akses ke ruang bagasi memang harus menjadi fokus utama sebuah station wagon. Di mancanegara, area bagasi station wagon jamak digunakan untuk menaruh koper, paket atau parcel. Meski sudah populer memiliki nama station wagon, mobil ini juga memiliki banyak ‘nickname’ lain.

Mulai dari estate di Inggris, di Jerman disebut kombi dan di Perancis disebut break. Beberapa produsen otomotif pun memiliki imbuhan khusus mobil station wagon mereka. Audi dengan imbuhan Avant, BMW dengan Touring, Fiat dengan Weekend, Opel dengan Caravan dan Saab dengan Sportkombi. Sekarang mari kita mulai sedikit membahas mengenai evolusi station wagon.

Kami memilih untuk menghadirkan Mercedes-Benz 300TE S124 tahun 1992 atau lebih populer disebut Mercy Boxer Station Wagon dengan Mercedes-Benz E250 Estate Avantgarde terbaru. Kami begitu penasaran, seperti apa evolusi yang terjadi pada kedua mobil ini. Seperti apa rasa dan impresinya dari kedua mobil ini ketika digunakan pada aktivitas yang lazim dilakukan para pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *