Berbagi Tip Tangani Anak Jatuh

Betul banget, Ma! Kalau punya anak balita, kita memang harus siap menghadapi risiko si buah hati terjatuh. Apalagi di usia batita, si kecil sedang lincah-lincahnya, seperti yang dialami oleh Shireen Sungkar (23). Buah hatinya, Teuku Adam Al-Fatih (1,3), pernah terjatuh dari tempat tidur, juga terpeleset.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

“Sebenarnya, sih, kejadiannya tidak hanya itu, banyak. Tapi yang agak lumayan, ya, dua itu,” papar pemeran Fitri dalam sinetron “Cinta Fitri” ini. Peristiwa jatuhnya Adam dari tempat tidur terjadi saat ia sudah bisa berguling. Kala itu, usai bermain berdua dengan Adam, Shireen ketiduran. “Saya terbangun karena Adam nangis kenceng. Dicaricari tidak ada. Eh, tak tahunya sudah ada di lantai. Serem, dong, langsung Adam dibawa ke dokter,” kenang Shireen. Nah, saat konsultasi itu, ungkap Shireen, dirinya baru, deh, dapat pengetahuan bagaimana menangani anak jatuh.

“Kalau setelah jatuh, anak menangis, tidak ada darah, tidak ada lebam, masih sadar, itu tandanya anak masih oke. Tapi jika yang terjadi sebaliknya, barulah diwaspadai dan harus mendapat pertolongan medis,” papar istri dari Teuku Wisnu Yusar (30) ini. Setelah kejadian jatuh dari tempat tidur, saat bermain dengan Wisnu, Adam sempat jatuh yang lumayan parah lagi. “Entah ceritanya bagaimana, tiba-tiba Adam kepeleset dan kejedot pintu, langsung ke lantai. Tentu Wisnu dan saya kaget juga takut. Tapi kami sudah lumayan bisa tenang, sebab sudah tahu ilmu menghadapinya,” kata Shireen.

“Setelah diamati tidak apa-apa, saya cek sekujur tubuhnya dengan diraba, dari kepala hingga kaki ternyata tidak apa-apa. Jika memang kenapa-kenapa saat diraba itu, Adam mustinya akan nangis, tapi ini tidak.” Sejak peristiwa jatuh terpeleset yang terjadi beberapa minggu lalu itu, menurut Shireen, Adam jadi takut untuk berjalan sendiri tanpa berpegangan. “Tadinya dia sudah bisa, lo. Sekarang berdiri sendiri saja gak berani kalau tidak pegangan. Ya, inilah PR saya dan Wisnu, mengembalikan kepercayaan diri Adam,” ucap Shireen yang sedang terlibat dalam penggarapan sinteron “Di Bawah Lindungan Abah”.

Oleh karena itu, tambahnya, sekarang ini dirinya dan Wisnu harus lebih banyak meluangkan waktu bersama anak untuk bermain bersama sambil mengajaknya berjalan, memancingnya mau berdiri tanpa berpegangan, dan menatihnya setiap kali Adam mau berjalan. Ya, dengan adanya pendampingan orangtua, si kecil pasti akan kembali pede untuk berjalan sendiri. Yakin, deh! Pengalaman membuat Shireen bisa berbagi satu tip lagi, “Anak bayi-balita yang sudah aktif jangan sekalikali tidur di atas ranjang. Baiknya ranjang di-out dulu. Jadi, kasur saja langsung di lantai. Lebih aman.”

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *