spam

Siapakah Orang Pertama yang Mengirimkan Spam?

Modern ini spam adalah salah satu istilah yang sangat familiar. Bagi siapa saja yang menggunakan internet pasti mengenal istilah ini. Apa sebenarnya itu spam dan mengapa kerap kali dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu? Untuk mengetahuinya yuk pelajari awal mula hingga tips mengatasi spam agar tidak mengganggu.

Spam mengalami revolusi sama halnya seperti internet. Awalnya merupakan sebuah gangguan yang lama kelamaan menjadi tindakan kriminal. Dulu spam dimulai seperti halnya email yaitu melalui berbagai eksperimen.

Baca Juga: Jenis Pelajaran Bahasa Jerman

Sistem email dibuat mulai dari dua komputer dalam satu ruangan, kemudian berkembang menjadi komputer dalam satu lantai. Perkembangan terus menerus menjadi sangat luas seperti dari satu kampus menjadi komputer yang sama-sama menggunakan network.

 

Siapakah Orang Pertama yang Mengirimkan Spam?

Gary Thuerk adalah orang yang pertama kali mengirim spam yang isinya adalah sistem komputer DEC baru untuk pengguna ARPANET di tahun 1978. Setelah penggunaan spam pertama belum ada lagi orang yang menciptakan spam. Hingga pada tahun 1994, pengacara Canter dan Siegel membuat postingan iklan tentang perusahan mereka kepada ratusan USENET.

Pada awal tahun 90an merupakan sebuah tantangan untuk mendapatkan alamat email. Pada saat seseorang mengirimkan spam, sumbernya dengan cepat dapat diidentifikasi dan di blokir oleh situs penerima. Spammer kemudian segera memalsukan alamat dan domain sehingga IP diblokir.

Domain juga menjadi lebih mudah di tahun 90an dan beberapa digunakan tanpa tujuan lain selain spam. Jadi banyak industri mulai memblokir seluruh domain. Di tahun 1996 spammer pertama digugat karena keprihatinan bisnis. AOL, Microsoft dan Earthlink membawa spam Sanforce Wallace ke pengadilan.

Pada saat open relat ditutup secara sistematis di tahun 2000an, peretas mengembangkan malware untuk dimasukan ke komputer. Fungsinya adalah untuk membentuk botnet besar. Isi spam seringkali tidak relatif sama seperti sebelumnya. Misalnya anjuran untuk membeli layanan atau bahkan obat terlarang hingga konten pornografi

 

Pengertian Apa Itu Spam

Apabila dilihat dari definisi secara umum apa itu spam, itu adalah pesan massal yang tidak diminta. Pesan dikirim ke banyak penerima yang tidak memintanya. Masalah yang disebabkan oleh spam adalah kombinasi aspek yang tidak diminta dan juga massal. Jumlah pesan yang tidak diinginkan menukar sistem pesan dan menenggelamkan pesan yang justru diinginkan oleh penerima.

Alasan praktis dan hukum, masing-masing organisasi memiliki definisi spam yang berbeda. Ketika penerima menerima salah satu pesan maka akan sulit untuk mengatakan apakah pesan itu bagian dari grup yang dikirim dalam jumlah besar.

Sehingga definisi spam lainnya adalah email komersial yang tidak diminta berdasarkan teori bahwa sebagian besar email yang tidak diinginkan adalah komersial.

Banyak penyedia kotak masuk email menganggapnya sebagai surat yang tidak diinginkan kepada pengguna mereka. Namun jika dilihat dari berbagai macam definisi apa itu spam maka dapat digambarkan bahwa spam adalah sekumpulan pesan yang sama.

Menurut negara yang memiliki undang-undang terkait spam, definisi yang paling umum adalah email komersial yang tidak diminta bersama dengan email yang menyesatkan atau menipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *