ciri ciri tipes

Penyebab dan 4 Ciri Ciri Tipes yang Perlu Diwaspadai

Penyakit tipes atau tifus merupakan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Salmonella typhi. Dalam istilah medis penyakit tipes disebut juga demam tifoid.

Umumnya infeksi ini menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri tersebut.

Infeksi demam tifoid ini terjadi saat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri. Infeksi bakteri pada saluran pencernaan ini dapat menyebar ke seluruh tubuh dan dan dapat mempengaruhi organ – organ yang lain.

Baca Juga;  Studi Ke Jerman

Di Indonesia, tipes merupakan penyakit endemik yang menjangkiti penduduk Indonesia. Pada sepanjang tahun 2008 saja, dilaporkan bahwa kasus tipes ini menjangkiti 800 sampai 100 ribu penduduk. Penyakit tipes ini dapat menyerang semua kalangan termasuk anak – anak maupun orang dewasa.

Apakah yang Menyebabkan Tipes?

Penyebab berkembangnya penyakit tipes yang paling umum adalah sanitasi yang buruk dan terbatasnya air bersih. Selain itu, kekebalan tubuh yang menurun juga diduga menjadi penyebab lainnya.

Penyakit tipes biasanya dipicu oleh daya tahan tubuh yang lemah, kurang istirahat dan makan tidak teratur. Sehingga ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang terinfeksi bakteri Salmonella Typhi, bakteri tersebut akan masuk ke saluran pencernaan dan akan tumbuh berkembang di sana.

Ciri – ciri gejala penyakit tipes harus diketahui agar penyakit ini dapat segera ditangani dan mendapatkan pengobatan. Jika gejala tipes tidak segera mendapatkan penanganan, penyakit tipes dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan menyebabkan kematian.

Ciri – ciri gejala tipes

Bagi orang awam, penyakit tipes dan penyakit demam berdarah memiliki gejala yang mirip. Kedua penyakit ini ditandai dengan demam tinggi. Sebelum 3 hari, penyakit tipes ini belum terlihat. Namun gejala penyakit ini bisa dipastikan setelah 3 hari dengan dilakukan tes darah.

Ketika melakukan cek darah, akan diketahui demam tinggi tersebut merupakan gejala tipes atau demam berdarah. Untuk demam berdarah biasanya dilihat dari kandungan trombositnya, sedangkan penyakit tipes dilihat dari kandungan leukosit dalam darah.

Jika ciri – ciri gejala tipes belum terlihat jelas, biasanya dokter akan memberikan obat penurun panas. Namun setelah dilakukan cek darah dan dapat dipastikan bahwa pasien mengalami tipes maka dokter akan memberikan pengobatan yang lebih spesifik.

Umumnya tipes memiliki gejala awal yang terlihat seperti penyakit influenza. Untuk beberapa kasus, penderita tipes mengalami gejala awal radang tenggorokan, demam, flu dan sakit kepala.

Keluhan lainnya yang dialami oleh penderita tipes yaitu diare, mual, tubuh lemah, sakit perut, susah tidur dan sebagainya. Kondisi ini perlu diwaspadai karena biasanya gejala tipes akan lebih parah setelah lebih dari 1 minggu.

Ciri – ciri gejala tipes umum

1. Sakit perut, mual dan muntah

Sakit perut terjadi karena adanya pembengkakan pada limfa dan hati. Penderita tipes juga akan mengalami diare akibat infeksi usus 12 jari. Sebagian penderita tipes yang lain mengidap maag dan merasakan sakit di ulu hati bahkan merasakan mual disertai muntah – muntah.

2. Demam tinggi

Ciri – ciri gejala tipes biasanya ditandai dengan munculnya demam tinggi selama beberapa hari. Bahkan demam ini bisa mencapai 40 derajat celcius.

3. Lidah menjadi putih dan bergetar

Lidah pada penderita tipes biasanya berwarna putih ditengahnya dan terdapat bintik – bintik merah dibagian pinggirnya. Selain warna lidah tersebut, penderita tipes mengalami lidah bergetar dengan sendirinya.

4. Nyeri otot dan pegal – pegal

Gejala lain yang dialami oleh penderita tipes adalah nyeri otot dan pegal – pegal. Gejala tersebut membuat penderitanya terganggu bahkan membuat penderita tipes menjadi sulit tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *