cara crop di photoshop

Mudah, Ini 4 Cara Crop Gambar Photoshop

Photoshop sudah tidak asing lagi digunakan oleh para fotografer. Dalam dunia fotografi, Photoshop adalah software yang sangat mudah dan praktis untuk digunakan.

Berbagai macam editing foto, memberikan efek hingga mengubahnya menjadi lebih indah ada disini. Bagi pemula yang baru mendalami tentang Photoshop, cropping menjadi cara dasar yang perlu dipelajari seperti yang dikutip dari web BelokBelok.

Mengapa harus belajar cropping? Sebuah foto yang diambil tidak selalu sempurna. Pasti kamu sering menemukan objek yang tidak bagus di bagian samping kiri atau kanan objek. Kekurangan ini bisa diatasi dengan cropping. Kamu akan memotong bagian yang tidak diperlukan sehingga objek akan terlihat lebih jelas.

Ada juga fungsi lain dari cropping selain menghilangkan bagian yang tidak dibutuhkan. Kamu juga bisa memotong gambar objek saja, yang nantinya akan ditempelkan atau digabungkan pada foto lainnya. Bagaimana cara crop gambar agar sempurna untuk memenuhi dua fungsi tersebut? Simak selengkapnya disini.

4 Cara Crop Gambar Photoshop yang Rapi

Photoshop banyak dipilih untuk mengedit gambar atau foto karena mudah dan lengkap. Banyak fitur yang mudah digunakan dan juga lengkap. Untuk cropping saja tersedia tiga tools yang digunakan agar hasilnya semakin rapi. Penggunaan masing-masing tools akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall software Photoshop versi apapun ke dalam laptop atau komputer. Setelah itu nyalakan dan masuk ke lembar kerja pertama. Jangan lupa juga siapkan foto yang hendak di crop di dalam file pada komputer.

Secara umum langkah-langkah cara crop gambar yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Running Aplikasi Photoshop

Runing aplikasi Photoshop yang telah diinstal sebelumnya. Pilih lembar kerja baru kemudian masuk ke menu File kemudian Open. Cari file gambar pada folder yang tadi telah kamu persiapkan.

  1. Klik Quick Selection Tool

Gambar akan langsung muncul pada lembar kerja baru. Kemudian pada menu di samping kiri cari Quick Selection Tool. Pilih menu tersebut pada toolbar yang sudah disediakan.

  1. Pilih Objek yang Akan Dipotong

Lanjutkan dengan mengklik objek yang hendak dipotong. Klik pada bagian dalam objek dan Quick Selection Tool akan menyeleksi secara otomatis. Kamu tidak perlu lagi membentuk garis objek secara manual.

  1. Lanjutkan Dengan Cuttting

Setelah garis crop selesai mengelilingi objek dengan rapi, lanjutkan dengan cutting. Tekan menu CTRL + X pada keyboard komputer. Objek akan otomatis langsung hilang dari gambar.

Kemana objek yang dipotong pergi? Kamu harus membuka lembar kerja baru. Tekan CTRL + N sehingga gambar yang telah dipotong akan langsung muncul.

Keempat langkah diatas adalah cara singkat untuk memotong objek pada gambar atau foto. Masih banyak cara crop gambar di Photoshop sesuai dengan kebutuhan. Macam-macam caranya harus disesuaikan dengan tools yang telah disediakan. Oleh karena itu sangat penting bagi kamu mengenali masing-masing fungsi dari tools di bagian samping kiri.

3 Fungsi Tolls yang Paling Sering Digunakan Untuk Mengcrop Gambar

Kamu bisa mencoba beberapa tools sebagai bahan belajar. Sebagai panduan, berikut ini tiga fungsi tools yang paling sering digunakan untuk dipelajari.

  1. Lasso

Simbol dari tools ini adalah tali lasso. Fungsinya adalah untuk memotong gambar secara manual. Kamu akan menggunakan lasso untuk memotong objek yang lebih rumit. Caranya sangat mudah cukup klik kanan lalu bentuk garis sesuai dengan pola objek. Terakhir lepaskan untuk bisa langsung memotong.

Menu ini bisa dipilih jika kamu sudah terbiasa memotong gambar. Karena jika tidak hasil yang kurang rapi akan muncul. Agar lebih rapi, kamu bisa menggunakan zoom untuk pemotongan yang lebih detail.

  1. Magentic Lasso

Tools yang otomatis paling mudah digunakan. Cara menggunakannya adalah arahkan pointer mouse pada gambar yang hendak dipotong. Pilih titik awal kemudian klik kiri pada mouse dan geser hingga terbentuk garis pada objek yang hendak dipotong. Cukup double klik pada titik awal untuk memotong gambar. Garis akan mengikuti secara otomatis tanpa harus melakukan secara manual.

Penggunaannya cukup otomatis, namun garis yang diciptakan seringkali tidak tepat pada garis objek. Apalagi jika foto atau gambar memiliki kualitas yang cukup buruk.

  1. Polygonal Lasso

Jika lasso adalah cara manual yang lebih fleksibel, kamu bisa memilih polygonal lasso untuk garis yang tegak. Garis ini bisa diatur panjang dan juga pendeknya sehingga hasilnya lebih rapi. Tapi khusus untuk objek yang tidak memiliki bentuk lengkung. Cara menggunakannya adalah klik kiri dan buat garis hingga membentuk pola. Proses pemotongan dilakukan dengan double klik pada mouse.

Karena sulitnya membentuk lekukan dengan polygonal lasso maka menggunakannya cukup menyita waktu. Namun jika gambar yang hendak dipotong berukuran besar akan lebih cepat diselesaikan.

Banyak pilihan yang bisa diambil ketika menggunakan Photoshop hanya untuk crop gambar. Masih banyak fitur lainnya yang bisa dipelajari setelah menguasai cara crop gambar ini. Yuk segera praktekkan sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *