Berbahayakah Bercak Putih Di Lidah Bayi

Biasanya muncul karena jamur akibat kebersihan dot kurang dijaga. Berbahagialah Mama yang menyusui bayinya langsung. Sebab, bayi-bayi yang mendapat ASI lewat payudara sa ngat jarang ter kena jamur yang menye babkan munculnya bercak bercak putih di lidah. “Tapi kalau bayinya menggunakan dot, lalu kebersihan dotnya ini kurang dijaga, maka bisa muncul jamur di lidahnya, berupa bercak putih,” jelas dokter spesialis anak, Akira Prayudijanto. Jamur di lidah muncul akibat stomatitis atau ra dang di rongga mulut. Nah, jamur muncul bisa karena dua hal. Pertama, dot yang kurang bersih; kedua, ada nya gesekan dot (benda asing) dengan lidah bayi. Stomatitis menyebab kan lidah serasa menebal. Karena bayi merasa tidak nyaman, kondisi ini akan mengganggu bayi dalam proses menyusu.

Baca juga : kursus bahasa Jerman di Jakarta

Bisa Juga Karena Antibiotik

Jamur juga bisa muncul akibat peng gunaan antibiotik yang terlalu lama. Misal, pada bayi yang sedang dirawat karena infeksi berat. Pemberian antibiotik memang bisa membunuh kuman. Sayangnya antibiotik tidak dapat memilih kuman jahat atau kuman baik. Semua kuman pun diberantas olehnya sehingga kuman baik yang bertugas membunuh jamur pun mati dan jamur dapat tumbuh subur. Bagaimana pada kasus Mama menyusui yang harus minum antibiotik karena satu dan lain hal? Apakah akan memengaruhi bayinya? Menurut Akira, tidak, karena dosis tersebut tentu sudah sesuai takaran aman. Lagi pula ASI memiliki kemampuan untuk menyaring, se hingga tidak membahayakan bayi.

Amankah Berendam Di Bak Mandi?

Banyak orangtua khawatir, terlalu sering berendam di bak mandi bisa membuat si batita terkena infeksi saluran kemih. Sebenarnya, hingga kini belum ada bukti yang langsung mengarah ke sana. Namun, hal ini juga bukannya mustahil dialami si batita. Jika sabun yang digunakan untuk membuat busa itu terlalu keras, kandungan kimianya bisa mengiritasi uretra si kecil, sehingga ia akan merasa sakit saat pipis. Karena tidak ingin kesakitan, ia akan menahan pipis, sehingga akhirnya bakteri pun berkembang. Jika si batita tergolong rentan terhadap infeksi saluran kemih, tak ada salahnya menjauhkan ia dari bak mandi.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *