Akibat Dot Kurang Bersih

Jamur yang menyebabkan lidah putih pada bayi di sebut candida monilia sis. Seperti kita ketahui, jamur adalah spora yang sulit mati, bahkan di air mendidih sekalipun. Jadi, meski Mama membuat susu de ngan air hangat, jamur akan tetap hidup. Nah, jamur bisa masuk melalui dot yang tidak ber sih ke mulut bayi. Jamur itu akan menetap di lidah, lalu tertelan bersama susu, masuk ke dalam darah, dan menyebabkan diare.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Masalahnya, ada seba gian Mama yang tak bisa menyusui bayinya secara langsung dengan berbagai alasan. Bayinya lahir pre matur lalu dirawat di inku bator, misalnya. Umum nya bayi prematur belum memiliki kekuatan untuk mengisap, jadi tidak bisa menyusu langsung. Atau Mama yang terkena HIV dan dinyatakan tidak dapat menyusui bayinya. Menurut Akira, pada kasus-kasus seperti ini, daripada mem beri botol dot, gunakan cup feeder saat memberi susu pada bayi.

“Dengan meng gunakan alat tersebut, ada dua keuntungannya, meng hindari infeksi akibat jamur dan refl eks mengisap pada bayi tidak hilang,” saran Akira. Jamur muncul bisa karena dua hal. Pertama, dot yang kurang bersih; kedua, ada nya gesekan dot (benda asing) dengan lidah bayi. Jamur adalah spora yang sulit mati, bahkan di air mendidih sekalipun.

Tidak Perlu Diberi Air Putih

Nah, terkait dengan bercak putih ini, beberapa Mama menyusui–karena khawatir bayinya terkena jamur— memberi air putih setelah si kecil menyusu ASI. Padahal ini tidak perlu karena sifat ASI sudah alami sehingga tidak berbahaya bagi bayi. “Lidah bayi ASI juga tidak perlu dibersihkan dengan kain. Justru dikhawatirkan kain untuk membersih kan lidah bayi tidak bersih dan berpotensi tumbulnya jamur,” jelas Akira. Bagi Mama yang mem beri bayinya susu dot, lanjut Akira, perhatikan benar ke bersihan dot dan botolnya agar bayi terhindar dari jamur.

Nah, bila pada suatu saat bayi malas minum susu (terutama pada bayi yang minum melalui botol), periksa dalam mulutnya, apakah lidahnya putih? Kalau hanya berupa sisa susu biasa, bercak itu bisa dibersihkan dengan kain kasa steril. Namun kalau tidak hilang setelah dibersihkan, bisa berarti itu jamur yang akarnya sudah menempel pada lidah. Segera konsultasikan pada dokter anak untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *